Tips Cara Mengetahui Kerusakan Komputer Dan Cara Memperbaikinya


Kerusakan pada PC/komputer sangat beragam dan bervariasi, untuk itu kita harus mengetahui letak kerusakan pada komputer pada kali ini akan dibahas tips mengetahui kerusakan pada pc dan cara mengatasinya/memperbaikinya.
Langkah awal sebelum memperbaiki pc adalah mengetahi kerusakan pada pc tersebut, ada dua jenis kerusakan pada pc yaitu sofware dan kerusakan hardware

  1. Pertama kerusakan pada software ini bisa disebabkan oleh virus, atau karena file sitemnya ada yang hilang kerusakan sofware termasuk kerusakan yang ringan.

Tanda-tandanya/ ciri-cirinya :

  • Semua komponen komputer masih bisa menyala, Namun tidak bisa masuk ke windows/Operting sistem
  • Bila muncul tulisan dimonitor insert system disk, coba kencangkan hardisknya biasanya disebabkan hardisk yang kendor. Bila belum bisa berarti sistemnya rusak dan langkah memperbaikinya gampang yaitu diinstal ulang.
  • Bila muncul Sistem32 mising berarti filenya ada yang hilang dan sama harus diinstal ulang OSnya.

       2.Keruskan pada hardware :

KERUSAKAN PADA POWER SUPLAY
Komputer tidak bisa menyala sama sekali, periksa semua kabel power apakah sudah terhubung dengan listrik dengan baik, periksa tombol swich dibelakang cpu pada posisi on, cek kabel powernya bagus atau tidak, bila terjadi gejala seperti ini berarti POwER Suplai rusak. dan harus diganti yang baru.

KERUSAKAN PADA MOTHER BOARD
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

KERUSAKAN PADA VGA DAN MONITOR
Komputer menyala namun tidak ada tampilan pada monitor, terdengar bunyi bib ketika dinyalakan. Kemungkina rusaknya pada VGA atau bisa juga pada monitor coba tes dengan VGA atau Monitor teman yang masih berfungsi.

KERUSAKAN PADA Hardisk
Komputer menyala, tidak bisa masuk ke windows dan hardisk tidak terdeteksi, coba kencangkan kabel hardisknya.

KERUSAKAN PADA RAM
Power suplay menyala, tidak bisa masuk ke windows dan tidak ada bunyi bib.

Intinya dalam memperbaiki komputer pertama kita harus mengetahui kerusakannya, bisa dilakukan dengan cara try eror atau coba-coba dengan komponen komputer lain yang masih bisa digunakan dan mempunyai tipe komponen yang sama. Bila komputer anda masih bisa menyala namun tidak bisa masuk ke windows berarti komputer anda masih aman dan kemungkinan besar pada OS atau ada komponen yang tidak kencang/ kendor pemasanganya.

Artikel Terkait Lainnya:

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

9an PC w rsak ( g bsa mgerakan mouse dan harus di restart kmabli bru bsa tuch j9a bgtu tyuz samapi w ksel p9en bantin9 ja tuch pc w ) tuch kerusakan pa ea 9an ..????
thx 9an ...

Posting Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved