Android Photography

Jika anda pengguna Android dan menyukai photography? Android juga menyediakan fitur untuk foto yang akan membuat anda menjadi seperti seorang photographer profesional, berbagai aplikasi dibuat untuk menjadikan anda tetap exist.
Aplikasi tersebut juga memiliki fitur yang sangat mengesankan, anda dapat memotret dan langsung membagikan pada akun jejaring sosial anda atau dapat menyimpan dan mengedit secara langsung tanpa bantuan PC
Aplikasi tersebut memilik fitur editor yang sangat mengesankan, oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan kamera anda untuk menghasilkan foto yang mengesankan juga.
Sebelum anda ingin melangkah lebih jauh anda dapat mengetahui istilah dalam dunia fotografi, beberapa istilah fotografi dapat anda temui di sini
Mari kita bahas tentang tips dan teknik dasar dalam android fotografi
Sebenarnya tidak ada teknik khusus dalam android fotografi atau andrografi, kecuali, bahwa kamu mengambil gambar dengan device android. Hanya saja, untuk menghasilkan gambar yang bagus, setidaknya kita perlu mengetahui tips dasar fotografi. Karena namanya tips dasar, pasti berlaku umum di semua jenis fotografi. 
>>>Rule of Thirds atau Aturan Sepertiga Bagian 
Saya tahu, ini terlalu sederhana dan pasti sudah banyak yg tahu. Hanya saja masih sering saya jumpai sebuah foto, yang memiliki materi yang bagus, namun flat karena lupa (barangkali) dengan aturan komposisi dasar ini.
Aturan ini sederhana, membagi bidang foto/gambar menjadi sembilan kotak sama besar dan menempatkan titik fokus objek atau foreground, pada empat titik perpotongan atau sejajar garis, baik horisontal maupun vertikal. 
Menurut studi dan penelitian, saat orang memandang sebuah foto atau gambar, mata kita langsung tertuju pada titik persimpangan tersebut, dan bukan pada tengah bagian. Ini juga berlaku untuk gambar cakrawala. Jangan mengambil gambar dengan garis cakrawala tepat memotong foto menjadi dua bagian. Itu menyebabkan foto ‘mati’ atau flat. 
Di android, ada beberapa aplikasi yang memberikan garis bantu untuk rule of thirds ini. Salah-satunya Camera 360. 
Jadi pastikan POImu berada pada salah-satu titik perpotongan tsb atau sepanjang garis bantu. 
>>>Membingkai foto
Tips komposisi ke dua adalah bingkai. Saya bukan berbicara soal figura, tapi batas foto. Foto yg menarik adalah foto yg memiliki batas atau dibingkai. Bingkai ini memberikan highlight ke POI. Caranya adalah gunakan objek-objek yang ada untuk memberi bingkai foto. Misalnya dahan pohon yg menyembul di pinggir foto, atau kisi-kisi pagar. Gunakan apa saja yg bisa ditemukan untuk menjadikan foto kita lebih menarik, termasuk sudut pengambilan. 
>>>Angle of view
Ada enam sudut pemotretan. Apa saja ke enam sudut tsb? 
  • Eye level viewing; Ini sudut yang paling umum dipakai, sudut yang sejajar dengan mata pengamat. Biasanya diambil dengan posisi berdiri. Tidak menghasilkan efek apa-apa selain dari lensa kamera, 
  • Bird eye viewing; menempatkan objek berada di bawah kamera. Posisi ini cocok untuk ‘mengecilkan’ makna gambar. Biasanya digunakan untuk mengambil gambar landscape.
  • Low angle camera; sesuai dengan namanya, sudut ini diambil dengan posisi rendah. Sudut ini sebenarnya agak susah, namun kalau memiliki ‘sense’ yang tinggi sih bisa jadi bagus. Biasanya untuk menunjukan bagaimana seorang anak kecil memandang dunia nya. 
  • Frog eye viewing; sesuai dengan namanya, kita mengambil gambar sambil melompat-lompat, kita mengambil gambar pada level mata katak, sejajar dengan tanah dan tidak diarahkan ke atas. Posisi ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar flora fdan fauna.  
  • Waist level viewing; sudut ini diambil sebatas pinggang orang dewasa. Arah kamera disesuaikan dengan arah mata. Biasanya untuk candid camera. Hasilnya spekulatif karena fotografer tidak melihat langsung ke view finder. 
  • High handheld position; menggunakan kedua tangan untuk mengangkat kamera tinggi-tinggi. Ini juga ada unsur spekulatifnya karena pemotret tidak melihat kameranya. Digunakan untuk menembus keramaian.
  • Speculative Narcissistic Position; mengarahkan kamera ke diri sendiri (atau bersama teman-teman, tapi HARUS ada diri sendiri). Angle yg cocok 45 derajat, tampak hanya satu sisi. Biasanya digunakan oleh para anak remaja :D
TRIK MEMAKSIMALKAN KAMERA LOW-END
Kamera ponsel yang terintegrasi merupakan salah satu syarat yang diinginkan pembeli dalam memilih smartphone. Untuk smartphone Android,beberapa tipe memiliki kamera dengan kemampuan yang berbeda-beda, hal ini disesuaikan dengan harga smartphone tersebut. Untuk Anda yang memiliki smartphone Android berkamera low-end, Anda tidak perlu berkecil hati. Dengan didukung kreativitas dan aplikasi tambahan yang tersedia untuk Android, Anda tetap bisa menghasilkan foto yang dapat Anda banggakan. 
Pada trik kali ini,kita menggunakan dua aplikasi tambahan,yaitu Photaf 3D Panorama dan Camera360, untuk membantu menghasilkan foto yang bagus. 
1. Untuk Menghasilkan foto panorama 3 dimensi Dengan kamera low-end, Anda bisa memakai bantuan aplikasi Photaf 3D Panorama Pro.,Aplikasi ini berfungsi untuk menyatukan beberapa foto dari obyek panorama yang sama, namun dengan angle yang berbeda. Dengan memanfaatkan GPS pada smartphone anda,.
Mulailah mencoba untuk menggunakan aplikasi ini untuk mengambil obyek yang ada disekitar Anda, seperti kamar Anda, halaman belakang rumah dan lain-lain. 
Pada saat Anda pilih menu Create Panorama, akan muncul beberapa jendela konfirmasi. Pada pertanyaan “Use Automatic picture taking"?Saya sarankan Anda memilih “No” karena fitur ini kurang berfungsi dengan baik. Lebih baik Anda mengarahkan dan mengambil gambar secara manual. Dengan aplikasi ini, cobalah ambil gambar salah satu sudut dinding kamar, setelah itu ambil sudut dinding lainnya, dan juga lantai serta atap. Setelah semua sudut kamar sudah Anda ambil, tekan tombol Stitch Images, dan Anda akan mendapatkan hasil foto 3D. 
Dapat juga anda menggunakan aplikasi panorama.

Aplikasi foto panorama ini sebenarnya dibuat khusus untuk ponsel Android Sony Ericsson X10, Tetapi beberapa orang di forum android berhasil memodifikasi Aplikasi ini sehingga bisa digunakan untuk ponsel android lain (sudah saya test di galaxy mini dan optimus 2x). Aplikasi ini sangat bermanfaat jika anda gemar melakukan foto landscape, karena area foto menggunakan fitur foto panorama ini membuat hasil foto lebih panjang dibandingkan dengan foto biasa.
Proses Instalasi :

  • Download aplikasi panorama disini
  • Selanjutnya pastikan ponsel android sudah diatur untuk pengaturan aplikasi "unknown sources"   enable di Setting > Applications.
  • Setelah berhasil di download melalui android akan muncul notifikasi, klik install aplikasi dan   jalankan aplikasi.
  • Setelah terinstall, jalankan dan nikmati memotret panorama melalui ponsel Android anda (ikuti anah panah jika menginginkan foto panorama)
2. Untuk Menghasilkan foto Unik dengan bantuan efek Untuk efek foto, kita bisa menggunakan aplikasi Camera360. Pada rata-rata aplikasi efek foto, terdapat banyak efek yang dapat Anda pilih untuk memperindah hasil foto.

Contoh efek standar seperti konsep pewarnaan untuk hasil foto Anda. Dan ada juga efek untuk hasil yang lucu dan unik seperti aplikasi menampilkan bayangan sosok hantu diantara obyek yang Anda bidik. Dan ada juga efek yang cukup bagus, contoh Ambil salah satu barang Anda seperti ponsel kemudian jepret ponsel tersebut menggunakan efek Tilt-shift, maka hasil foto akan berupa ponsel sebagai fokus dari foto dan gambar sehingga disekitar foto akan menjadi blur.Masih ada beberapa fitur lain dari aplikasi tambahan diatas yang bisa Anda eksplor sendiri atau Anda bisa mencari aplikasi tambahan lain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Kreativitas dapat membantu Anda menyelesaikan masalah keterbatasan. Meskipun Anda hanya memiliki smartphone berkamera low-end , Anda tetap bisa memamerkan hasil foto ke teman atau share di situs jejaring Facebook and twitter dengan bermodalkan kreativitas dan pengetahuan.
Yang perlu diperhatikan ketika anda mengambil gambar dengan android:
1. Lebih dekat ke objek 
Ponsel yang tersedia kebanyakan tidak dibekali dengan fitur zoom yang maksimal, jadi pastikan anda mendekati objek yang akan dibidik. Format pengambilan foto close up membuat hasil foto jauh terlihat lebih detail. Tetapi hati-hati, pengambilan gambar yang terlalu dekat malah akan membuat gambar menjadi blur. Jadi saran saya adalah perhatikan jarak dengan objek yang akan difoto. 


2. Hati-hati dengan cahaya 
Ingat baik-baik dengan premis ini, low light = gambar buruk. Cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup. Kecuali ponsel anda memiliki fitur flash yang memadai. 


3. Perhatikan latar belakang 
Tempatkan objek dengan latar belakang yang tidak terlalu sibuk perhatikan juga apakah lata belakang tidak mengganggu objek. Jangan sampai pohon yang ada di belakang objek seolah-olah tumbuh dari kepala si objek. 


4. Coba angel yang berbeda 
Jangan takut untuk bereksperimen. Jika ponsel anda dibekali dengan kartu memori yag cukup, cobalah mengambil foto dengan angel yang berbeda-beda. Foto akan terlihat tidak monoton dan kreatif. 


5. Pilihlah resolusi yang tinggi 
Makin tinggi resolusi yang anda pakai, makin baik hasil gambar yang dihasilkan. Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Perbedaan ini akan terlihat begitu anda melihatnya di layar komputer. 


6. Bersihkan lensa 
Ponsel kamera pada umumnya tidak dibekal dengan penutup lensa. Ini membuat lensa mudah kotor karena debu atau cap sisik jari anda yang tertinggal. Pastikan untuk membersihkan lensa anda sebelum mengambil foto. 


7. Bijaksanalah menggunakan memori 
Biasakan untuk memindahkan foto anda ke PC. Jadi selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto. 


8. Steady 
Jaga keseimbangan, jangan Goyang saat mengambil foto dengan tangan yang gemetar atau bergoyang-goyang, maka sudah bisa dipastikan bahwa foto yang dihasilpun akan tidak sempurna, tidak jelas dan banyak blur. Jadi usahakan ketika mengambil foto dengan camera phone, tangan anda stabil.


9. Eksplorasi fitur yang tersedia 
Ponsel kamera untuk tipe-tipe ponsel mid-end dan high-end umumnya dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Di sana anda dapat temukan fitur brightness, exposure, white balance, dan fitur-fitur lain. Sesekali sempatkanlah untuk mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di kamea ponsel anda. 


10. Eksperimen white balance 
Ponsel anda memiliki fitur white balance? Cobala mengutak-atik fitur ini. anda dapat memodifikasi warna dan menghasilkan warna dan menghasilkan foto yang berbeda-beda. 


11. Hindari penggunaan digital zoom’ 
Dekatkan diri ke objek dengan cara mengeser posisi and, bukan dengan digital zoom. Penggunaan digital zoom bisa membuat kualitas gambar berkurang. 


12. Perhatikan ukuran cetak 
Foto yang dibidik dari ponsel bisa dicetak dengan kualitas maksimal jika anda menyesuakan ukuran cetak dengan resolusi gambar. 

13. Hindari Mengedit Photo Anda di Ponsel 

Setelah anda berhasil mengambil foto sebuah objek, sebaiknya jangan anda langsung edit di ponsel. Bagaimanapun proses editing foto dengan mempergunakan komputer adalah sebuah solusi yang harus anda lakukan, karena akan menghasilkan foto yang lebih berkualitas. Fotolah objek dengan setingan terbaik di camera ponsel anda, biar saat proses editing di komputer nanti, akan lebih mudah. 

14. Banyak latihan dan Ambil Foto sebanyak mungkin
Salah satu kelebihan mengambil foto dengan camera phone adalah murah meriah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk setiap foto yang anda ambil. Jadi anda bebas mengambil foto sebanyak mungkin, dan menghapusnya kapanpun anda mau. Karena alasan inilah, sebaiknya anda banyak berlatih mengambil foto dari berbagai sudut. Atas, bawah, kanan, kiri, samping pokoknya dari sudut manapun yang anda suka. Biar anda bisa mendapatkan sudut yang terbaik dalam pengambilan foto anda. 
15. Jaga Etika 
Jagalah etika ketika anda mengambil sebuah foto. Selalu minta izin terlebih dahulu saat anda akan mengambil foto seseorang yang tidak anda kenal. Anda pasti tidak mau kan dilaporkan kepada yang berwajib dengan tuduhan mata-mata atau mengganggu privacy orang, hanya karena anda mengambil foto orang yang tidak anda kenal.
TRIK MENGHAPUS OBJEK YANG TIDAK DIINGINKAN
Pemilik Android kini bisa memotret sesukanya di tengah keramaian, kemudian menghapus satu per satu objek yang tidak ingin dimunculkan dalam fotonya, tanpa perlu repot menggunakan perangkat lunak khusus fotografi.
Aplikasi ponsel cerdas itu bernama TouchReTouch dan dirancang untuk sistem operasi Android. Cara kerjanya adalah dengan mengambil beberapa foto sekaligus dalam sekali potret, menganalisanya, kemudian membangun komposisi gambar yang bisa diedit oleh penggunanya.
Mengunduh dari MaxiAndroid (4Shared) / (Media Fire)
Jika Link pada Media Fire error,setelah keluar tulisan "skip adv" jangan anda klik namun anda drag tombol tersebut ke address bar atau anda dapat gunakan cara lain di sini
TIPS MERAWAT KAMERA HP ANDA
1.jangan taruh dekat benda yang mengandung medan magnet
Jagalah kamera hp anda jangan sampai telalu dekat dengan TV dan berlebihan. Sebab merusak bagian-bagian kamera yang berhubungan langsung dengan medan magnet,
2.Membersihkan kamera hp anda.
alangkah baiknya jika kamera hp anda dibersihkan dan diperiksa setiap saat.
Untuk membersikan kamera hp menggunakan lap kering bersih dan tidak kasar. Sedangkan bagian dalamnya menggunakan alat pembersih saja.
3.Hindari dari goresan pada lensa kamera hp anda.
Untuk menghindari goresan pada lensa kamera hp anda, sebaiknya lensa menggunakan mika anti gores pada kamera anda.
4.Jangan terlalu keras terkena benturan 
Bila terlalu keras kena benturan maka komponen kamera akan meregang dan hasil gambar pada kamera hp itu akan berubah dari hasil sebelum terkena benturan
5.Selalu memperhatikan hp kamera anda.


Artikel Terkait Lainnya:

0 Komentar:

Poskan Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved