Stik PS3 Bisa Dipakai di Ponsel Android


Screenshot Video di YouTube
 


Jakarta - Stik alias alat kendali untuk PlayStation 3, yang dikenal dengan nama Sixaxis, ternyata bisa digunakan di ponsel berbasis Android.

Hal ini, seperti dikutip detikINET dari RootedSystem, Senin (8/8/2011), bisa dilakukan melalui aplikasi khusus yang tersedia di Android Market. Sixaxis dan Dualshock 3 -- keduanya dipakai untuk bermain game di PlayStation 3 -- bisa digunakan di ponsel berbasis Android dengan memanfaatkan konektivitas Bluetooth.

Tak hanya satu, hingga empat buah stik kabarnya bisa digunakan secara bersamaan. Ini memungkinkan pengalaman nge-game multiplayer pada perangkat berbasis Android.

Sebelum buru-buru mengunduhnya di Android Market. Perlu dipertimbangkan dulu bahwa aplikasi ini memanfaatkan protokol Bluteooth tertentu yang tidak selalu ada di semua perangkat berbasis Android.

Pembuat aplikasi ini, Dancing Pixel Studio, mengatakan kebanyakan perangkat dari HTC dan beberapa dari Samsung tak mendukung protokol itu. Ini bisa diatasi dengan menggunakan firmware yang bukan resmi dari produsennya, seperti misalnya Cyanogen.

Selain itu, apapun perangkat yang dipakai, sistem operasi Android harus dalam keadaan sudah di-root sebelum bisa memanfaatkan aplikasi kendali Sixaxis ini.

Dancing Pixel Studios menyediakan dua aplikasi terkait yang bersifat gratis, ini adalah:

  • Sixaxis Compatibility Checker. App ini digunakan untuk memastikan apakah perangkat Android yang dipakai bisa menjalankan Sixaxis
  • Sixaxis Pair Tool. Aplikasi yang berjalan di Windows ini digunakan untuk secara manual memasangkan (pairing) ponsel Android dengan Sixaxis atau DualShock3 yang ingin digunakan.

Sedangkan aplikasi utamanya bernama Sixaxis Controller. Aplikasi ini tersedia di Android Market dengan harga Rp 14.625 atau sekitar USD 1,69.

Dancing Pixel Studios awalnya menyediakan video YouTube yang mendemonstrasikan kemampuan aplikasi itu. Video itu menampilkan Sixaxis untuk mengendalikan game melalui emulator Super Nintendo di perangkat Android.

Source

Artikel Terkait Lainnya:

2 Komentar:

YuliaHeavenly mengatakan...

NICE POST KAKA :)

Nando Cyber4rt mengatakan...

kalo pake remot tipi bisa gak =))

Poskan Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved