Android Makin Kuasai Dunia

Sistem operasi Android makin menguasai dunia. Menurut data terbaru dari biro riset terkemuka IDC tentang pasar smartphone, market share pengapalan global ponsel Android di kuartal 1 2012 adalah sejumlah 59%.

Pesaing terdekat adalah iOS yang digunakan di Apple iPhone. OS ini menurut catatan IDC punya pangsa pasar 23%. Jika dikombinasi, kekuasaan Android dan iOS di pasar smartphone mencapai 82%.

Android mencatat peningkatan 145% market share dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan iOS mengalami lonjakan 88,7% berkat kehadiran iPhone 4S.

Melesatnya Android dan iOS tak pelak membuat sistem operasi lain keteteran. Seperti BlackBerry dan Windows Phone yang kewalahan. Salah satu kunci sukses Android dan iOS adalah banyaknya aplikasi tersedia.

"Antusiasme developer terhadap sistem operasi tertentu biasanya adalah indikasi suksesnya penjualan hardware," kata Kevin Restivo, analis IDC yang detikINET kutip dari ComputerWorld, Jumat (25/5/2012).

Pangsa pasar platform lain memang punya kecenderungan menurun. Symbian punya market share 6,8%, BlackBerry 6,4% dan Windows Phone hanya 2,2%

Sumber.

Artikel Terkait Lainnya:

0 Komentar:

Posting Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved