7 Tips Aman Meninggalkan Kendaraan Saat Mudik Lebaran

Bulan puasa setiap tahun yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia memberikan banyak tradisi, salah satunya adalah mudik atau pulang kampung, yang telah menjadi ritual tiap tahun masyarakat Indonesia. Berkumpul bersama keluarga disaat lebaran adalah menjadi bagian terbaik dalam hidup. Untuk anda yang memilih mudik memakai kendaraan umum dan meninggalkan kendaraan di rumah, lebih baik ketahui tips tips di bawah ini supaya kendaraan anda tetap aman dan terjaga dengan baik. Berikut 7 tips aman tinggalkan kendaraan saat mudik lebaran




Mudik menjadi salah satu “ritual” yang sangat ditunggu-tunggu menjelang hari raya Lebaran. Jutaan warga akan meninggalkan rumahnya agar bisa bertemu sanak saudara di kampung. Namun, bagi Anda yang memilih mudik menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi, ada baiknya mencermati beberapa tips jitu, agar kendaraan yang Anda tinggal terawat dan aman dari aksi kejahatan.

Berikut tips yang diberikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Royke Lumowa kepada VIVAnews.com:

Pertama, kosongkan atau setidaknya sisakan sesedikit mungkin bahan bakar kendaraan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan semisal kebakaran atau pencurian. Kalau terjadi kebakaran dan kendaraan Anda tidak sempat diselamatkan setidaknya kendaraan Anda tidak menjadi bahan bakar dari kebakaran. Selain itu, jika kendaraan Anda dicuri akan menyulitkan pencuri saat membawa pergi.

Kedua, cabut kabel aki dari terminal. Hal ini agar tidak ada arus yang mengalir dikendaraan Anda, sehingga aki tidak akan kehabisan daya saat akan digunakan kembali. Walaupun keadaan mesin mati tapi terkadang masih ada arus yang mengalir. Bila arus mengalir terus menerus dan tidak ada pengisian kembali, aliran akan menghabiskan daya yang tersimpan dalam aki.

Ketiga, pada kendaraan roda empat sebaiknya ganjal ke-empat roda, sehingga ban melayang dan tidak menerima beban kendaraan. Sebab, apabila ban lama tak dipakai, tekanan udara akan berkurang dan bisa rusak. Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebaiknya posisikan motor dengan standar tengah. Hal ini agar beban kendaraan tidak terlampau berat yang bisa memicu kerusakan suspensi.

Keempat, pastikan kendaraan Anda terkunci sempurna. Bila dirasa perlu, gunakan kunci tambahan, seperti gembok atau kunci stir untuk memberi keamanan ekstra.

Kelima, simpan kunci kendaraan Anda di tempat yang aman. Tujuannya, bila terjadi pencurian, pencuri tak mudah mendapatkan kunci kendaraan Anda. Selain itu, pastikan saat akan berangkat mudik, pintu garasi terkunci dengan baik.

Keenam, agar kendaraan semakin terawat saat ditinggalkan dalam tempo waktu yang lama, sebaiknya cuci dan dibersihkan terlebih dulu. Sebisa mungkin bagian mesin dan bodi kendaraan juga dibersihkan, agar bagian kendaraan terhindar dari karat yang dapat merusak secara permanen.

Terakhir, jangan lupa memberitahukan pada pihak keamanan setempat atau tetangga Anda yang tidak mudik bahwa Anda meninggalkan kendaraan di rumah.

Artikel Terkait Lainnya:

0 Komentar:

Poskan Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved