Cara mempercepat internet dengan mengganti DNS.



Ada banyak tips-tips untuk mempercepat koneksi internet yang beredar di forum-forum atau blog-blog. Lalu apakah tips tersebut benar-benar ampuh atau hanya membuang waktu? Sebenarnya tips mempercepat koneksi internet tersebut hanyalah untuk mengoptimalkan, bukan mempercepat koneksi sampai beberapa kali lipat. Faktor utama yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet tentu saja masih bergantung pada provider yang dipakai, baru faktor lainnya seperti modem dll. Kalau provider yang dipakai memang koneksinya lemot mau diapa-apain juga tetap gak ngaruh banyak.
Tapi, apa salahnya mencoba melakukan optimalisasi, seperti beberapa hal berikut :
- Mengubah DNS server
Pengertian DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet (wikipedia bahasa indonesia). Fungsinya adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address. Adakalanya DNS bawaan dari provider (ISP) yang kita pakai adalah penyebab mengapa koneksi internet kita lelet/lemot. Ini bisa akibat Server sibuk, jaringan padat atau mungkin server tidak stabil. Dan imbasnya tentu saja browsing jadi sangat lambat atau tak bisa mengakses beberapa situs. Solusinya tentu saja mengganti dengan DNS dari pihak ketiga (third party). Ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan secara gratis, diantaranya adalah open DNS, Google public DNS, dan DNS Nawala.

Open DNS : (bisa digunakan untuk memblok situs-situs negatif)
Primary : 208.67.222.222
Secondary :208.67.220.220

Google Public DNS :
Primary : 8.8.8.8
Secondary : 8.8.4.4

Nawala : (bisa digunakan untuk memblok situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti pornografi, perjudian, malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya).
Primary : 180.131.144.144
Secondary : 180.131.145.145

Untuk langkah-langkah merubah konfigurasi/settingan DNS bisa dilihat di link berikut Cara setting DNS (disertai dengan gambar dan petunjuk lengkap cara merubah settingan DNS). Atau bisa juga dengan melihat video youtube di bawah ini.



Artikel Terkait Lainnya:

0 Komentar:

Poskan Komentar

 
Blog JavaCyber 2012 | All Rights Reserved